Sebelum melamar kerja, perlu diketahui beberapa persayaratan atau keperluan yang akan ditulis dalam surat lamaran kerja. Beberapa hal tentang persyaratan membuat surat lamaran kerja berikut harus diperhatikan sebelum kamu menulis surat lamaran kerja..
# Persyaratan Membuat Surat Lamaran Kerja #
1.) Data Pribadi
» Nama Lengkap
» Tempat dan Tanggal Lahir
» Alamat
» Telepon / HP
» E-mail (tidak wajib)
» Status Perkawinan
Nomor telpon atau nomer handphone wajib kamu tulis, karna nomor telpon ini yang nantinya digunakan oleh perusahaan untuk menghubungi kamu kalo ada panggilan interview. Tapi kalo gak punya, disarankan menggunakan nomer telpon kerabat/sodara, sahabat atau orang terdekat kamu.
2.) Pendidikan
Untuk pendidikan ini ada dua jenis, yaitu:
» Pendidikan formal misalnya: SD/SMP/SMA/Akademi//Diploma/Sarjana, dsb.
» Pendidikan non formal misalnya: kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti.
3.) Pengalaman Kerja
Kalo kamu punya pengalaman kerja, ada baiknya sebut dan tuliskan dalam surat lamaran kerja. Tapi kalo belum memiliki pengalaman kerja, sebaiknya sebutkan kemampuan kamu dalam bidang kerja yang ingin dilamar, hal ini akan jadi pertimbangan bagi Perusahaan.
4.) Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
» Daftar Riwayat Hidup / CV (Curriculum Vitae) / Resume
» Foto copy Ijazah terakhir
» Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
» Pas Foto terbaru
» Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib)
» Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib)
Lampiran berfungsi untuk mempertegas surat lamaran kerja yang kamu kirim, dan bisa berfungsi sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kamu sebagai karyawan.
# Contoh Surat Lamaran Kerja #
Hal : Lamaran Kerja
Tangerang, 21 Oktober 2013
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT. ....... Tbk
di ........
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : Desvinta Setya Larasati
Tempat/Tgl. Lahir : Jakarta, 13 Desember 19...
Status : Belum Nikah
Agama : Islam
Pendidikan : SMK PGRI 1 Tangerang Jurusan Akuntansi
Alamat : .....
HP : ......
E-mail : namasaya@yahoo.com
Merasa tertarik untuk bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan harapan dapat memberikan yang terbaik. Untuk itu, saya mengajukan surat lamaran kerja yang kiranya saya dapat diterima bekerja diperusahaan Bapak/ Ibu.
Saya adalah tipe pekerja keras, bisa bekerja sama dengan baik dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan, jujur, dapat dipercaya.
Bersama ini dilampirkan:
1. CV
2. Copy Ijazah dan Transkrip Nilai
3. Copy KTP
4. Daftar Riwayat Hidup
5. Pas Foto ukuran (..x..)
Persyaratan lain yang diperlukan, akan saya lengkapi kemudian.
Demikianlah permohonan ini saya buat dengan sesungguhnya, besar harapan saya untuk bisa bekerja diperusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kemurahan hati Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Desvinta Setya Larasati
# Contoh Surat Lamaran Kerja via Email #
To : officer.recruits@ptgroup.com
Cc : -
Subject : Accounting Officer
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada (......), tanggal 21 Oktober 2013, bahwa PT ..... Indonesia membutuhkan beberapa Accounting Officer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : Desvinta Setya Larasati
Alamat : Jalan Periuk Jaya Permai III Tangerang
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 13 Desember 19..
Pendidikan : SMK PGRI 1 Tangerang Jurusan Akuntansi
Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.
Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.
Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk dites dan diwawancarai.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Desvinta Setya Larasati
Itulah artikel informasi dan penjelasan tentang persyaratan membuat surat lamaran kerja yang benar dan juga contoh surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja via email, semoga bisa bermanfaat buat sobat yang hendak melamar pekerjaan dan masih bingung cara membuat surat lamaran. Disalin Blog Facebook dari berbagai sumber.